Translate

Puisi Aku Hanya Uang


Aku hanya sepotong kertas
Bentukku sederhana dengan berbagai warna
Aku juga diciptakan oleh kalian
Tapi kenapa aku bisa mengendalikan hidup kalian

Dengan bentukku yang sederhana
Aku tak tahu mengapa
Kalian rela saling membeda
Saling berebut tahta
Saling bermusuhan
Saling beradudomba
Saling membudaki
Saling menyakiti dan
Tega membunuh
Padahal kalian bersaudara

Karena aku membuat kalian lupa keluarga
Lupa Ibu yang melahirkan
Lupa anak yang dilahirkan
Lupa ayah yang menafkahi dan membesarkan
Lupa adik dan kaka
Lupa teman dan sahabat
Lupa suami dan istri

Mengapa kalian lebih menyembah aku dari pada menyembah Tuhan yang menciptakan kalian
Padahal kalian tahu apa balasan diakhirat nanti 
Ketika menyembah selain tuhan
Ketahuilah tuhan yang harus disembah bukan aku yang kalian sembah

Jika kalian sakit 
Aku hanya bisa ditukar dengan obat
Aku juga tidak bisa menyembuhkan sakit dan menyelamatkan kalian dari takdir
Aku juga tidak menemani kalian di alam kubur

Diakhir jaman nanti
Karena aku kalian bisa kesurga dan
Karena aku juga kalian bisa keneraka

Jika kalian keneraka nanti karena keegoisan
Aku tidak bisa menyelamatkan mu
Ingat aku hanya selembar kertas
Dengan nama yang kalian sebut adalah uang

Karya: Krisna Indra Kusuma